Selasa, 24 Desember 2013

Special Buat Ibu

22 Desember adalah tanggal yang diperingati sebagai hari Ibu *gue juga udah tau*. Sekali lagi ya 22 Desember adalah tanggal dimana anak-anak mengucapkan selamat hari Ibu di beranda facebook dan twitternya. Hahaa salah satunya gue. Meskipun hari ini udah telat banget kalo mau ngomongin hari ibu tapi biarlah. No problemo.

Apa sih arti hari ibu buat kalian? Kalo buat gue semua hari adalah hari ibu. Hari ibu tanggal 22 Desember itu cuma buat formalitas, buat sepesial pakek telornya doang tapi gue gak mau ngucapin sayang ke ibu hanya di tanggal 22 Desember aja. Apalagi buat kalian yang punya pacar, coba dihitung berapa kali kalian bilang sayang ke pacar dan bandingkan berapa kali kalian bilang sayang ke nyokap kalian? Udah dapet itungannya? Banyakan bilang sayang ke pacar ya? Yaudah deh putusin aja pacarnya, Ibu jauh lebih important dibanding pacar.

Tanpa ibu, jelas kita gak akan ada didunia. Dengan ASI kita punya tubuh yang kuat, jiwa yang sehat sampe kita punya kekuatan yang hebat buat ngebentak ibu kita ketika beliau menasehati kita. Waktu kecil kita disayang-sayang, dimanja-manja, tapi pas kita udah gede kita jadi malin kundang. Durhaka sama orang tua. Orang tua itu jalan menuju surga atau neraka. Tinggal pilih salah satu mau yang mana.

Pacar? Pacar gak bisa masakin kita tiap hari, sementara ibu pagi-pagi udah nyiapin roti sama susu, singkong rebus ato apalah, pokoknya ibu gak mau ngelewatin pagi harinya tanpa melihat kita, memperhatikan kita. Siangnya, setelah pulang sekolah dimeja makan udah ada nasi, sayur, lauk, buah dan susu *4 sehat 5 sempurna*, siapa lagi yang nyiapin kalo bukan ibu?

“Gue yang nyiapin pembantu gue kok.”

Pembantu kan yang memperkerjakan orang tua kita, jadi secara tidak langsung ibu lah yang memberi perintah buat nyiapin makan pagi, siang, malem kita. Coba kalo si pembantu gak digaji sama ortu, emang dia masih mau nyiapin makan buat kamu? Gak kan?

Pacar? Pacar gak akan sehebat ibu kita. Okelah, mungkin pacarmu yang selalu ada buat kamu, sementara ibumu sibuk bekerja. Lalu uang hasil kerjanya itu buat siapa? Buat kamu. Okelah, mungkin pacarmu yang lebih kau bangga-banggakan, bukan ibumu. Tapi kamulah yang dibangga-banggakan oleh ibumu. Okelah, mungkin pacarmu yang tiap hari bilang sayang ke kamu, sementara ibumu jarang bahkan tak pernah ucapkan sayang. Tapi siapa yang tau apa isi doa ibumu setiap harinya? Mungkin lewat doa dia ucap sayang, malu bertatap muka dengan kita karena kita sudah tak ingin dicap sebagai anak kecil yang manja. Ya kan?

Mungkin setiap hari ibu kita marah-marah, tapi itu untuk kebaikan kita. Maksud hati menasehati, tapi malah terdengar seperti amarah oleh kita. Maksud hati meluruskan, tapi malah dikira melarang-larang oleh kita. Ibu pantas marah sama kita, tapi kita tak pantas marah kepada beliau. Gue sendiri kadang suka kesel sama ibu gue, tapi buru-buru gue sadar kalo gue gak pantas nglakuin itu. Udah terlalu banyak pengorbanan yang dilakukan oleh ibu, udah terlalu sering kita ngrepotin ibu.


Untuk membalas kebaikan dan pengorbanan ibu, gue rasa gue cuma bisa bales secuil dari kasih sayang dan pengorbanannya. Ibu aku sayang ibu. Ibu maafin aku. Ibu terimakasih. Ibu aku bangga jadi anakmu. Aku bersyukur terlahir dari rahimmu.

Lilis Rusmia | @rusmiaw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar adalah caraku untuk mengendus jejakmu *halah*. Hayo, komentar biar gue bisa ngendus jejakmu! Haha :D