Kamis, 12 Desember 2013

DILARANG NGELUH

Assalamualaikum wr.wb. Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Kali ini gue mau ngepost sesuatu yang aku amati dari temen-temenku yang ada disekolah. Aku sekolah di SMK Negeri 2 Kediri. Saat ini gue udah diujung tanduk, maksutnya udah mau lulus gitu. April kan anak-anak SMA sederajat bakalan nglaksanain titah raja (baca:UAN) dan bukannya aku ini sok atau apapun itu jenisnya gue yakin bakalan lulus dengan nilai yang ajaib bin markotop. Hehe

Selama 3 tahun menuntut ilmu disekolah dengan berbagai rintangan dan halangan *cieh*, aku suka banget ngamati perilaku dan sifat temen-temenku. Sebenernya sih gak punya cita-cita buat jadi peneliti atau pengamat tapi ya berhubung tiap hari ketemu aku jadi suka kepo gitu. Tapi tenang meskipun suka jadi pengamat tapi mulut gue gak bocor dan yang aku ambil itu sisi baik dari perilaku dan sifat mereka.

Ngomong-ngomong soal perilaku, banyak nih temen yang *maaf* suka ngeluh mulu. Belum apa-apa ngeluh, baru denger aja ngeluh, baru mulai aja ngeluh apa-apa ngeluh. Karena aku itu termasuk tipe orang optimis *bukan sok*, denger orang ngeluh itu jadi sensitif banget. Kan kita belum tahu hasilnya, kok ya udah ngeluh dulu. Belum pernah nyoba, kok ya ngeluh dulu. Belum dikerjain, kok ya ngeluh. Ngeluuuuuh mulu bu :p

Padahal sebenarnya ngeluh itu bener-bener dan seratus persen tidak bermanfaat *opiniku*. “Emang kenapa? Karena apa?” Hellooooo, yuk mari kita buka mata sebelo-belonya, selebar-lebarnya *ati-ati bola matanya copot* ngeluh itu pekerjaan paling gampang. Ngeluh di facebook itu mudah, di twitter mudah, di BBM mudah, di dunia nyata mudah banget. Iyalah, tinggal ngrancang kata-kata misalnya kayak gini *maaf jika ada yang tersinggung* : “Tuhan, peluk aku. Bawa aku kesisi-Mu. Aku lelah Tuhan.” ”Hih, aku capek. Aku udah gak tahan lagi. Aku pengen tiiiiiit aja.”

Oke, bagi teman-teman yang pernah ngucapin atau nulis kata-kata itu disosmed jangan tersinggung ya. Aku cuma pengen kita sama-sama intropeksi diri. Ngeluh itu gak berguna, sampai hari ini kita masih diberi nafas, masih bisa berdiri, masih bisa melihat, mendengar, makan, minum, tidur dan nikmat yang lainnya harusnya kita bersyukur. Coba kita bayangkan kalo kita tiba-tiba gak bisa berdiri, gak bisa melihat gara-gara gak mensyukuri apa yang diberi sama Allah. Coba kita bayangkan lagi, misalnya kita lagi mau ulangan *buat yang masih sekolah* trus sama gurunya ditulisin kisi-kisinya dan alhamdulillahnya kisi-kisinya itu buanyaaak banget gitu. Eh trus ada yang nyolot gini “Peh Ck, kisi-kisinya banyak banget to, Bu.”, masih untung dikasih kisi-kisi. Coba kalo sama gurunya gak dikasih kisi-kisi, bisa-bisa buku pelajaranmu itu kamu bakar trus kamu minum abunya. Berharap ada keajaiban langsung hafal materinya. Dengan lo ngeluh semuanya bisa selesai? Dengan lo ngeluh tiba-tiba ada malaikat datang nolongin lo gitu? Ngimpi kali!

Sekarang udah terbukti kan kalo ngeluh itu gampang banget. Masih gak percaya? Gue saranin gak usah nyoba. Kalo kamu udah ngeluh, semuanya jadi kerasa berat. Bener? Kalo dari awal udah gak enjoy, udah ngerasa berat pasti ditengah-tengah semuanya bubar. Padahal memulai sesuatu itu butuh perjuangan butuh semangat bukan keluhan. Kalo emang kalian ngrasa ngalami sesuatu yang bener-bener berat, udah bener-bener ngrasa ada di titik jenuh lo, paling nggak kalian itu gak usah ngeluh di sosmed. Curhat aja sama Allah. Di sosmed gak ada yang denger curhatan lo. Kalo difacebook curhatan lo malah dikasih jempol. Kalo ngadunya ke Allah pasti didengar sama Yang Maha Mendengar. Minta tolong sama Allah biar diberi kemudahan, dilapangkan jalannya biar masalah cepet selesai.

Kedepannya banyak-banyakin bersyukur jangan ngeluh mulu. Kalo kita banyak bersyukur nikmat dari Allah bakal terus mengucur. Allah itu Maha Pengasih, Maha Penyayang minta apa aja sama Allah pasti dikasih asal mau sabar ngantri. Gausah pasang status ngeluh-ngeluh di sosmed, mau cari ketenangan apa cari sensasi buat dikasihani? Udah gitu aja postingan kali ini. Yuuk mari kita sama-sama intropeksi diri :))


Lilis Rusmia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar adalah caraku untuk mengendus jejakmu *halah*. Hayo, komentar biar gue bisa ngendus jejakmu! Haha :D