Minggu, 05 Januari 2014

Belajar Dari Mereka

Pagi ini gue dapet job *heeeeem* buat nganterin nyokap gue belanja di pasar deket rumah. Membiasakan berbakti pada orang tua, sekalian belajar jadi calon istri yang bisa belanja sayur dan lauk 4 sehat 5 sempurna bukan cuma shopping di mall aja. *ihiiiir :D*

Pas berangkat gue yang jadi drivernya trus pas pulang ganti nyokap yang bonceng gue. Nyokap itu bisa naik sepeda motor baru beberapa minggu ini. Belajar sepeda motor di usianya yang udah 45-an dan tiap pagi gue yang nemenin sekaligus ngajarin nyokap belajar naik motor. Dan dari sini gue ambil pelajaran berharga yang menurut gue bermanfaat banget.

Kalo menurut gue, yang namanya belajar itu gak memandang usia. Asal ada niat, keyakinan dan kemauan pasti bisa. Walaupun kita udah jadi kakek-nenek kita tetap punya kesempatan buat belajar. Tapi gue saranin kalo udah jadi kakek-nenek jangan belajar bertengkar nanti encoknya kambuh. -_- *maaf, lupakan*


Dan menurut gue, belajar itu bisa kapanpun, dimanapun, dan kita bisa belajar pada siapapun.
Belajar itu gak harus sama orang pintar. Kita bisa belajar sama orang-orang yang menganggap dirinya bodoh. Biar kita tahu kalo sebenarnya orang bodoh itu gak ada, adanya orang males.

Belajar itu gak harus sama orang dewasa, tapi kita bisa belajar sama adik-adik balita. Kita bisa belajar sabar, belajar menikmati proses, dan tentunya belajar menikmati hidup dengan tertawa dan menangis. Dalam hidup kita gak akan tertawa terus, juga gak akan menangis terus, kayak adek kita yang kadang nangis kadang ketawa. Ya kan?

Kita bisa belajar dari orang yang menyakiti kita, biar kita tahu rasanya disakiti itu gimana, biar kita gak menyakiti orang lain. Belajarlah dari orang yang membahagiakan kita. Biar kita tahu tips-tips membahagiakan orang itu gimana. Hahaa

Belajarlah dari orang yang ada dibawah kita, biar kita gak gampang ngeluh, pantang menyerah dan tahan banting. Belajar bersyukur dari mereka, jangan ngresulo. Ternyata kehidupan kita jauh lebih nikmat dari mereka. Bener kan?

Dan belajarlah dari orang yang lebih tinggi dari kita, biar kita tahu orang-orang itu juga berproses, bermula dari nol sama seperti kita. Gak langsung instan. Belajar dari mereka biar ilmu kita ini terus meningkat. Kita juga butuh orang yang lebih pintar, lebih sukses, lebih menguasai untuk menuntun kita menjadi seperti mereka.

Gue belajar meluangkan waktu dari kek Jamil Azzaini, yang jam terbangnya bejibun tapi tetap meluangkan waktu untuk menulis di blog, tetap ODOJ, dan tetap membalas mention-mention followersnya.

Gue belajar berkicau dari seekor burung, MOTTY yang menginspirasi gue. Gue yang awalnya males nulis, sekarang jadi semangat buat nulis, buat mengicaukan *mengicaukan itu bener gak ya? Sesuai EYD gak?* tulisan-tulisan gue walaupun cuma di blog gratisan. Dengan visitor yang masih sedikit. Tapi gue yakin suatu saat blog gue visitornya pasti semakin meningkat. Kayak blognya si MOTTY.

Gue belajar memperbaiki diri, bersabar menunggu sang pangeran, dari bang JOMI. Bang jomi yang dengan setia *dan kayaknya gak dibayar* tetap semangat menyerukan untuk jadi jomblo mulia dan jangan hura-hura.

Gue belajar dari bang REY. Yang masih muda tapi udah mau jadi pengusaha sukses, juga anggota komunitas ACI yang masih muda tapi udah menebar manfaat.

Gue belajar dari orang-orang yang sebenarnya cuma gue lihat di dunia maya. Belum tau wajahnya, belum pernah ketemu, belum saling kenal juga. Gue belajar dari kucing gue. Juga dari anak kecil yang lagi belajar jalan. Tapi kalo memang mereka memberikan pelajaran yang positif buat gue dan gak melanggar agama, why not?

Kita bisa belajar dari siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Tapi pastikan dulu hati dan pikiran kita gak tertutup awan negatif. Positif thinking aja, jadi hasil belajar kita juga pasti positif. Inget-inget hukum sebab akibat. Oke?

Nb: kalo dirasa bermanfaat silakan di share :) biar yang dapet manfaatnya gak cuma kau doang. kalo mau coment silakan. Via fb, twitter, dan sosmed lainnya. Ini gratis kok, gak bayar. Heheee.

Lilis Rusmia | @rusmiaw

4 komentar:

  1. wiiihhh keren. sejujurnya aku g suka baca tulisan panjang2 kayak gini. baru liat tweet mu yg lagi promosi langsung mampir deh.
    share dong ke aku lebih detil, knp bisa nulis sepanjang ini? dan keren pula.
    mungkin aku juga termasuk orang yg belajar dari orang-orang yang sebenarnya cuma "gue lihat di dunia maya. Belum tau wajahnya, belum pernah ketemu, belum saling kenal juga"

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. sebenernya gak ada resep khusus. pokoknya menulis, menulis, dan terus menulis. nikmati alurnya hehee

      Hapus
    2. mungkin emang udah bakat nulis juga :3
      nulis dimana? coretan di kertas kah? atau langsung diketik? atau gimanaaaaaaa? jangan main rahasia2an dong :D hee

      Hapus
    3. Hehe. Gak rhs2an kok.
      Aku menulis dg hati. Makanya bs panjang2.
      Biasanya kl aku gak nyaman sm apa yg aku tulis, lgs aku kasih kalimat penutup.
      Coba kamu baca postinganku yg MAU PACARAN? NANTI DULU YA, itu kl di ms word nyampe 3hal, krn aku nyaman sm topik yg aku tulis.
      Lbh sering nulis di HP ato laptop drpd di kertas :))

      Hapus

Komentar adalah caraku untuk mengendus jejakmu *halah*. Hayo, komentar biar gue bisa ngendus jejakmu! Haha :D